LUPROMAX ENGINE ADDITIVE

LUPROMAX ACCELERATOR

ORDER BY SMS : 0856 4103 7796

Jumat, 01 November 2013

LUPROMAX ACCELERATOR


Mekanisme

NILAI OKTAN

Nilai oktan merupakan standar pengukuran kualitas dari bahan bakar bensin dan aviasi. Bahan bakar bensin dengan nilai oktan yang lebih tinggi dipakai untuk mesin-mesin berkompresi tinggi.

Nilai oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang dapat diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin dalam bentuk gas ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan oleh busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga dapat terbakar secara spontan (self-ignition) sebelum percikan api dari busi terjadi. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi dan bukan karena percikan api dari busi (pre-ignition) maka akan menyebabkan terjadinya "engine knocking" atau bunyi ketukan di dalam mesin yang dikenal dengan kondisi "ngelitik".

Kondisi "engine knocking" harus dihindari karena dapat menyebabkan kerusakan pada mesin, seperti pecahnya connecting rods, piston, silinder, valve dan komponen lainnya.

Research Octane Number (RON) merupakan pengukuran nilai oktan yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Secara umum di Indonesia terdapat 3 jenis bahan bakar bensin yakni: Premium dengan nilai RON 88, Pertamax dengan nilai RON 92 dan Pertamax Plus dengan nilai RON 95. Nilai RON yang lebih tinggi sangat dibutuhkan untuk mesin-mesin kendaraan berkompresi tinggi.

Secara umum perbandingan antara kompresi mesin dengan kebutuhan nilai oktan bahan bakar bensin, adalah sebagai berikut:
  • Premium (RON 88)     : Untuk kompresi mesin dengan perbandingan 7:1 – 8:1
  • Pertamax (RON 92)   : Untuk kompresi mesin dengan perbandingan 8:1 – 9:1
  • Pertamax Plus (RON 95)   : Untuk kompresi mesin dengan perbandingan 9:1 – 10:1
Dewasa ini industri kendaraan otomotif saling berpacu dalam membuat kendaraan dengan kompresi yang lebih tinggi dengan tujuan untuk meningkatkan performa mesin kendaraan dan efisiensi bahan bakar serta emisi gas buang yang lebih rendah. Bahkan banyak dari merek kendaraan otomotif yang telah mempersyaratkan untuk menggunakan bahan bakar bensin dengan nilai RON yang lebih tinggi dari 95, yakni dengan nilai RON 98.

Di Indonesia masih belum memiliki bahan bakar bensin yang mempunyai nilai RON lebih tinggi dari 95, bahkan untuk di daerah-daerah masih sulit untuk mendapatkan bahan bakar Pertamax dan Pertamax Plus.

Untuk menjawab tantangan tersebut diatas, Magna International Canada Inc, menghadirkan LUPROMAX®® ACCELERATOR di Indonesia sebagai produk aditif untuk bahan bakar bensin. LUPROMAX®® ACCELERATOR merupakan produk ramah lingkungan dan tidak mengandung timbal (lead) serta logam berat lainnya yang dapat mencemari lingkungan.
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar